3.22.2009

Gawat, Lubang Hitam Einstein Nyata


Sejak Albert Einstein mengungkapkan teori relativitas, diyakini adanya lubang hitam yang merupakan pusat jagad raya. Ilmuwan kini berhasil membuktikan fenomena teori itu. Lubang hitam bisa menarik bumi ke dalamnya dan menjadikan hancur berkeping-keping.

Tim ilmuwan menghabiskan 16 tahun untuk mempelajari adanya lubang hitam super besar di pusat galaxi kita, Bimasakti. Karena lubang hitam itu kasat mata, maka tim membuktikan adanya obyek itu dengan menelusuri 28 bintang yang beredar di sekitarnya.

Pengamatan menunjukkan, orbit bintang di dekat pusat berkumpulnya memiliki ukuran empat juta kali lebih besar dibandingkan matahari, kata tim dari Max-Planck Institute for Extraterrestrial Physics di Garching Munich Jerman.

"Tak ada keraguan aspek spektakuler dari penelitian jangka panjang kami adalah telah mengantarkan pada apa yang disebut bukti empiris lubang hitam super besar memang nyata," kata kepala penelitian Professor Reinhard Genzel.

Astronom juga dapat mengukur dengan akurasi tepat seberapa jauh bumi dari pusat galaksi, yaitu 27.000 tahun cahaya.

Biasanya pusat Bimasakti sulit dilihat karena dari bumi terhalang debu interstellar.

Untuk mengatasi masalah ini, astronom yang mempublikasikan penemuan ini di Astrophysical Journal dengan fokus gelombang cahaya infra merah yang mampu menembus awan debu.

0 komentar:

Posting Komentar